Donald Trump Hormati China, Kepatuhan Ketentuan OPEC Menggembirakan

0a1y01e8949yi0oRilis data-data ekonomi dari Kanada dan Amerika pada sesi perdagangan pasar minggu lalu, berdampak pada gerak nilai apresiasi Lonnie. Telah dilaporkan bahwa gera nilai apresiasi mata uang USD/ CAD telah diperdagangkan di kisaran level 1.3071.Dilaporkan bahwa gerak nilai apresiasi mata uang USD/ CAD telah bergerak turun hampir 100 poin, hingga menyentuh level terendah 1.3062.

Meski demikian yang terjadi, namun penguatan tajam di awal pekan membuat gerak nilai apresiasi mata uag USD/ CAD masih berpeluang mencatat gerak penguatan mingguan. Kejutan datang dari Kanada, dimana terjadi penurunan tingkat pengangguran di bulan Desember, yaitu sebesar 6,8% dari bulan sebelumnya sebesar 6,9%.

Telah dilaporkan juga bahwa di bulan yang sama terjadi penambahan jumlah pekerja sebanyak 48.300 orang, sementara para pelaku pasar sebelumnya memperkirakan akan ada pengurangan jumlah pekerja sebanyak 10.100 orang. Data tersebut memberikan sentimen positif bagi gerak nilai apresiasi Loonie.

Gerak nilai apresiasi Greenback tampak mengalami tekanan, setelah University of Michigan melaporkan penurunan tingkat keyakinan konsumen Amerika di bulan ini. Angka indeks keyakikan konsumen dirilis sebesar 95,7 dari sebelumnya 98,5.

Gerak nilai harga di bursa saham Hong Kong, Hng Seng, telah ditutup menguat pada sesi perdagangan pasar akhir pekan, yaitu pada hari Jumat (10/ 02/ 2017). Hal tersebut terjadi, menyusul komentar presiden Amerika, Donald Trump, yang akan menghormati kebijakan Satu China.

Kondisi pasar keuangan menjadi stabil setelah pernyataan Donald Trump tersebut, sekaligus menekan aset-aset safe haven seperti komoditas emas dan mata uang Yen. Gerak nilai harga indeks saham Hang Seng 33 dilaporkan telah ditutup naik sekitar 0,2 % di kisaran level harga 23,574.98 poin. Dalam kurun waktu satu pecan, gerak nilai hargta indeks saham Hang Seng 33 telah telah mengalami kenaikan sekitar 1,9 %.

Juru bicara gedung putih mengeluarkan pernyataan bahwa Donald Trump akan menghormati kebijakan Satu China. Sebelumnya, di awal terpilihnya Donald Trump, ia sempat berkomunikasi dengan presiden Taiwan.

Hal terseut menimbulkan dampak, yaitu memunculkan kemarahan China karena aksi Donald Trump tersebut seakan mengakui eksistensi Taiwan sebagai negara. Oleh Beijing, wilayah Taiwan dianggap sebagai salah satu propinsi.

Pada pagi hari, Donald Trump juga mengeluarkan pernyataan. Pernyataan tersebut adalah, bahwa Donald Trump akan segera mengumumkan kebijakan pengurangan pajak bagi pelaku usaha di Amerika sehingga diyakini akan mempercepat pertumbuhan ekonomi Amerika.

Tingkat kepatuhan anggota organisasi negara pengekspor minyak (OPEC) terhadap kesepakatan pemangkasan produksi menunjukkan angka menggembirakan. Dilaporkan bahwa, data ekspor dari 11 negara anggota OPEC menunjukkan ekspor per hari selama Januari lalu sebesar 29,84 juta barel.

Jumlah ekspor harian ini hampir mendekati proyeksi sebesar 29,804 juta barel/ hari. Dengan demikian tingkat kepatuhan ini mencapai lebih dari 90 persen.

Di November tahun lalu, negara-negara anggota OPEC sepakat memotong produksi hingga 1,2 juta barel dan diperkirakan akan berdampak pada harga mulai Januari. Kesebelas negara ini adalah Aljazair, Angola, Ekuador, Gabon, Iran, Irak, Kuwait, Qatar, Arabi Saudi, Uni Emirat, dan Venezuela.

Negara Libya dan Nigeria menjadi pengecualian, karena produksinya baru pulih akibat konflik di negaranya. Untuk Indonesia tidak ikut kesepakatan, oleh karena sudah menjadi negara yang net importer.

About author

You might also like

Berita 0 Comments

USD Melambat Penguatan Atas Major Jelang FOMC

Pada sesi pasar hari Rabu (29/ 10/ 2014) siang ini, apresiasi mata uang USD tampak melemah terhadap major currencies. Para pelaku pasar tengah berhati-hat dalam mengambil sentiment, menunggu hasil dari

Fundamental 0 Comments

Minyak Merangkak Naik, Apresiasi Kiwi Bergerak Flat

Gerak nilai apresiasi mata uang NZD/ USD bergerak mendatar meski data ekonomi dari Selandia Baru dirilis jauh lebih baik dari perkiraan. Dilaporkan bahwa, gerak nilai apresiasi mata uang NZD/ USD

Fundamental 0 Comments

Pasar Dibuka Minggu Ini Dengan Peranan Fundamental Ekonomi Yang Kuat

Pembukaan pasar valuta di hari Senin (15/04/2013) pekan ini, dibuka dengan pergerakan USD yang melemah terhadap mata uang yen, masih dibawah level harga tingginya 4 tahun setelah Amerika secara eksplisit

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image