Greenback Tampak Stabil Jelang Pemilu Capres Amerika, Pihak FBI Lepas Hillary Clinton

576192052200001e00f81235Dilaporkan bahwa gerak nilai apresiasi mata uang USD tampak bergerak stabil di sesi perdagangan pasar Asia pada hari Selasa. Greenback tampak tengah mempertahankan gerak penguatan gerak nilai apresiasinya yang dibukukan di sesi perdagangan pasar sebelumnya.

Hal tersebut terjadi, karena meningkatnya prospek untuk kemenangan calon Presiden dari Partai Demokrat, yaitu Hillary Clinton, setelah pihak FBI membebaskan dirinya dari setiap tuduhan kejahatan dalam penyeledikan terbaru lembaga hokum federal tersebut. James Comet, Direktur Federal Bureau of Investigation (FBI), telah mengatakan hal tersebut dalam sebuah surat kepada Kongres pada hari Minggu.

James Comet telah mengatakan bahwa, lembaganya dalam mengkaji masalah surat elektronik tidak menemukan apapun yang membenarkan adanya tuduhan kejahatan terhadap Clinton. Berdasarkan survei terakhir dari Reuters/ Ipsos States of the Nation, beberapa jam sebelum pemilu Amerika, Hillary Clinton miliki peluang sekitar 90% untuk mengalahkan rivalnya, yaitu Donald Trump, dalam persaingan menuju Gedung Putih.

Dilaporkan bahwa gerak nilai indeks USD telah sempat bergerak di kisaran level 97.81. Gerak nilai indeks USD telah sempat bergerak menguat sekitar 0.03%.

Gerak nilai apresiasi mata uang EUR/ USD dilaporkan telah sempat bergerak turun sekitar 0.05%. Gerak nilai apresiasi mata uang EUR/ USD telah bergerak ke kisaran level 1.1034.

Dilaporkan bahwa, gerak nilai apresiasi mata uang GBP/ USD telah pula bergerak turun sekitar 0.02%. Gerak nilai apresiasi mata uang GBP/ USD telah bergerak ke kisaran level 1.2393.

Dilaporkan bahwa gerak nilai apresiasi mata uang USD/ JPY telah terpantau diperdagangkan melemah tipis. Gerak nilai apresiasi mata uang USD/ JPY tampak telah bergerak turun sekitar 0,1% dengan berada di kisaran level $104.37, setelah sempat menyentuh level tertinggi intraday di kisaran level $104.58.

Taro Aso, Menteri Keuangan Jepang, pada hari Selasa mengatakan bahwa pemerintah Jepang akan merespon pergerakan di pasar mata uang jika hasil pemilihan presiden Amerika memicu lonjakan gerak nilai apresiasi mata uang Yen secara tiba-tiba. “Saya tidak akan mengomentari hasil pemilu di negara lain. Tapi jika itu mempengaruhi mata uang, kita perlu memantau dan meresponnya. Stabilitas dalam mata uang selalu menjadi hal penting,” demikian kata Taro Aso kepada wartawan setelah melakukan pertemuan kabinet.

Gerak nilai harga saham perusahaan di Jepang dilaporkan tampak tengah bergerak melemah pada awal sesi perdagangan pasar Asia di hari Selasa. Hal tersebut terjadi, di tengah kehati-hatian para pelaku pasar menjelang digelarnya pemilihan presiden Amerika.

Para pelaku pasar tampak lebih cenderung melihat Hillary Clinton sebagai kandidat status quo. Sementara sikap kandidat presiden lainnya, Donald Trump, atas kebijakan luar negeri, perdagangan dan imigrasi telah memicu beberapa kekhawatiran di kalangan pasar.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga indeks saham Nikkei 225 terpantau telah bergerak melemah turun sekitar 0,15%. Gerak nilai harga indeks saham Nikkei 225 tampak telah bergerak melemah dengan berada di kisaran level harga 17150.84, setelah dibuka sedikit lebih tinggi.

Gerak nilai harga saham-saham favorit para pelaku pasar dalam negeri, seperti peritel dan pangan, dilaporkan tengah berada di bawah tekanan. Gerak nilai harga saham Kikkoman Corp dilaporkan telah bergerak merosot sekitar 1,6%, diikuti gerak penurunan nilai harga yaitu sekitar 1,4% dari saham Takashimaya Co.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga saham perusahaan eksportir telah diperdagangkan lebih stabil. Dilaporkan bahwa, gerak nilai harga saham perusahaan Toyota Motor Corp. telah terapresiasi sekitar 1,0% dan gerak nilai harga saham perusahaan Honda Motor Co. tampak telah bergerak naik sekitar 0,4%.

Beberapa gerak nilai harga saham perusahaan sektor lain juga telah menjadi perhatian para pelaku pasar, setelah melaporkan laba kuartalan. Gerak nilai harga saham perusahaan SoftBank Group Corp. dilaporkan telah naik sekitar 2,2%, setelah perusahaan tersebut melaporkan laba kuartal ke-2 yang lebih baik dari perkiraan dan mengumumkan rencana investasi senilai $100 milyar.

Gerak nilai harga komoditas minyak mentah dilaporkan tempak sedikit melemah di sesi perdagangan pasar Asia pada hari Selasa. Para pelaku pasar tampaknya fokus pada hasil laporan data perdagangan China untuk petunjuk pemintaan dari negara dengan tingkat perekonomian terbesar kedua di dunia.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga komoditas minyak mentah WTI telah bbergerak melemah turun sekitar 0.01%. Gerak nilai harga komoditas minyak mentah WTI dilaporkan telah sempatbergerak melemah turun di kisaran level harga $44.87, dengan level support terdekat di kisaran level harga $43.70 dan level resisten di kisaran level harga $46.30.

Data rilis dari China, yaitu data neraca perdagangan untuk periode Oktober diperkirakan akan menunjukkan surplus $51.7 miliar. Nilai ekspor China terlihat akan turun 6.0% pada tingkat tahunan dan impor juga akan turun 1.0%.

Gerak nilai harga komoditas minyak mentah dilaporkan telah sempat terdorong lebih tinggi, karena membaiknya terhadap minat aset beresiko. Hal tersebut terjadi, setelah pihak dari FBI mengatakan tidak ada bukti baru yang ditemukan yang membenarkan tuduhan terhadap Hillary Clinton dalam investigasi emailnya dua hari sebelum pemilu.

About author

You might also like

CFD News 0 Comments

Yen Menggeliat Nilai Apresiasinya, Bursa Saham Asia Mulai Koreksi

Gerak nilai apresiasi mata uang Jepang, yaitu mata uang Yen, dilaporkan bahwa pada sesi perdagangan pasar hari Selasa ini masih melanjutkan gerak penguatan terhadap Greenback. Gerak penguatan nilai apresiasi mata

Kebuntuan Pembahasan Anggaran Amerika, Pasar Tunggu Perkembangan Emas

Pada perdagangan sesi pasar Asia hari ini (Kamis, 26/ 09/ 2013), pergerakan harga emas tampak masih bergerak terbatas. Harga emas spot LLG turun sedikit dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangannya dini

Koreksi Atas Apresiasi USD, Laju China Masih Belum Optimal

Nilai apresiai mata uang Aussie terhadap mata uang USD telah mendekati level tertinggi dalam dua pekan terakhir pergerakannya. Nilai apresisi mata uang AUD/ USD dilaporkan bahwa pada sesi perdagangan pasar

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image