Greenback Tengah Terkoreksi, Minyak Bergerak Naik

16249_506996652707703_964692965_nPergerakan nilai apresiasi mata uang Usd dilaporkan telah bergerak melemah di sesi perdagangan pasar di hari Selasa. Penguatan gerak nilai apresiasi Greenback terjadi, setelah selama tiga hari berturut-turut mata uang negeri paman Sam tersebut mengalami gerak reli.

Dilaporkan bahwa, gerak nilai indeks USD telah melemah tipis -0,22% ke 99,89 pada sesi perdagangan pasar di hari Selasa. Gerak nilai indeks USD telah sempat menembus level 100 pada sesi perdagangan pasar di hari Senin kemarin.

Dalam kurun waktu satu pekan lalu dan pada awal pekan ini, gerak nilai apresiasi Greenback tampak bergerak menguat terhadap major currencies. Keyakinan bahwa presiden Donald Trump akan menyebabkan inflasi yang lebih tinggi telah mendominasi sentimen pasar, memberi dorongan pada nilai apresiasim mata uang USD dan menarik para investor keluar dari pasar obligasi pemerintah.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga ideks saham S & P 500 telah sempat mencapai level terbaik lebih dari dua tahun pada pekan lalu, sebelum ditutup melemah tipis kurang dari 0,1 % lebih rendah ke 2.164,20, pada sesi perdagangan pasar di hari Senin.

Ideks saham S & P 500 adalah merupakan indeks acuan bursa saham Amerika yang berisi saham-saham dari perusahaan kelas dunia. Saham-saham sektor keuangan dilaporkan telah memperpanjang rekor kuat terbaru mereka, didukung oleh kenaikan imbal hasil obligasi, naik lebih jauh 2,3 % untuk seri acuan tenor 10 tahun pada hari Senin.

Presiaden terpilih Amerika, Donald Trump, telah berjanji untuk mengalokasikan dana besar di program infrastruktur, pemotongan pajak dan kebijakan proteksionis. Para pelaku pasar dengan cepat menyimpulkan bahwa akan ada pertumbuhan yang lebih tinggi - dan inflasi - untuk ekonomi Amerika selama beberapa tahun.

Tidak adanya inflasi di Amerika sejak krisis keuangan menjadi penyebab gerak rally besar di pasar obligasi pemerintah Amerika. Kondisi tersebut tentunya memungkinkan pihak dari Federal Reserve untuk mempertahankan suku bunga mendekati rekor terendah.

“Pasar obligasi global pada saat ini benar-benar digerakkan oleh pergeseran perspektif dari kebijakan moneter ke kebijakan fiskal, demikian yang dikatakan oleh Ian Stealey, manajer portofolio di JPMorgan Asset Management. “Karena investor memberi harga dalam realitas baru,” demikian lanjut Ian Stealey.

Gerak nilai harga indeks saham Nikkei, Jepang, dilaporkan telah bergerak melemah pada awal sesi perdagangan pasar di hari Selasa. Hal tersebut terjadi, seiring langkah para pelaku pasar yang melakukan aksi profit taking.

Para pelaku pasar melakukan aksi profit taking adalah karena merespon adanya kenaikan tajam dalam pergerakan nilai harga di bursa saham Nikkei, dalam beberapa sesi terakhir. Hal tersebut didorong oleh harapan bahwa kebijakan ekonomi Donald Trump akan mendukung ekspor Jepang.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga indeks saham Nikkei 225 telah sempat terpantau turun 0,15% menjadi 17646.51. Gerak nilai harga saham perusahaan Mitsubishi UFJ Financial Group dilaporkan bergerak melonjak sekitar 4,0%, dan telah memimpin penguatan di sektor perbankan.

Gerak nilai harga saham perusahaan Mitsubishi UFJ Financial Group menguat tajam, setelah perusahaan keuangan tersebut mengumumkan rencana buyback senilai ¥100 milyar.

Gerak nilai harga saham Sumitomo Mitsui Financial Group dan Mizuho Financial Group, dilaporkan juga telah diperdagangkan lebih tinggi. Hal tersebut terjadi, setelah ke dua perusahaan tersebut membukukan hasil pertengahan tahun yang sesuai ekspektasi pasar.

Gerak nilai harga saham perusahaan Toyota Motor Corp. dan Honda Motor Co. dilaporkan telah bergerak menguat masing-masing 0,4% dan 0,7%. Dilaporkan juga bahwa, gerak nilai harga saham perusahaan Panasonic Corp. terkoreksi melemah turun sekitar 0,2%.

Gerak nilai harga komoditas minyak mentah dilaporkan telah bergerak positif pada sesi perdagangan pasar Asia pada hari Selasa. Hal tersebut terjadi, karena dipicu oleh ekspektasi penurunan output shale Amerika dan optimisme baru tentang kesepakatan pemangkasan produksi OPEC.

Gerak nilai harga komoditas minyak mentah WTI untuk kontrak pengiriman bulan Desember dilaporkan telah terpantau diperdagangkan di kisaran level harga $43.91 US/ barrel. Gerak nilai harga komoditas minyak mentah WTI untuk kontrak pengiriman bulan Desember dilaporkan telah naik sekitar 1,36%.

Kenaikan gerak nilai harga komoditas minyak mentah WTI tersebut terjadi, karena ditopang oleh harapan para pelaku pasar. Harapan para pelaku pasar adalah bahwa produksi minyak shale Amerika akan turun menjadi 4,5 juta barrel/ hari di bulan Desember, yang merupakan level terendah sejak April 2014.

Sentimen di gerak nilai harga komoditas minyak mentah juga terbantu oleh pernyataan Menteri Energi Arab Saudi. Pernyataan Menteri Energi Arab Saudi telah menyiratkan optimisme bahwa OPEC akan dapat mencapai konsensus untuk mengaktifkan kesepakatan pembatasan output dalam pertemuan akhir bulan ini.

Meski demikian, namun berita mengenai kembalinya minyak Libya ke pasar internasional kemungkinan masih akan membatasi penguatan gerak nilai harga komoditas minyak mentah. Dilaporkan bahwa, sebuah kapal tanker yang membawa minyak mentah Libya dikabarkan telah meninggalkan Ras Lanuf untuk pertama kalinya sejak terminal itu dibuka kembali pada bulan September.

About author

You might also like

Berita 0 Comments

FOMC Meeting Penutupan Semester I Tahun Ini Berpotensi Pertegas Arah Pasar Global ke Depan

Pada sesi perdagangan pasar Asia pagi ini, gerak harga emas spot LLG mengalami pergerakan yang masih terbatas, belum bergerak banyak dari posisi penutupan perdagangan tadi. Gerak harga emas spot LLG

Berita 0 Comments

Pertumbuhan Ekonomi China Tidak Menarik Bagi Investor Eropa, Harga Emas dan Minyak Bergerak Positif

Pada sesi perdagangan pasar Asia di hari Rabu (10/ 06/ 2015) pagi ini, dilaporkan bahwa gerak harga emas spot LLG mengalami pergerakan yang terbatas. Gerak harga emas belum bergerak banyak

Komoditas 1Comments

Harga Emas Naik 1.34% Setelah Pengumuman ECB

Berita fundamental hari Kamis membuat harga emas melonjak, ECB mengumumkan suku bunganya tetap, Data ekspor Cina meningkat, dolar AS melemah dan minyak mentah harganya meningkat. Harga emas Februari naik $22.20 

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image