Indeks USD Menguat, Euro Menggeliat Saat Yanis Varofakis Mundur

European flags are seen outside the European Commission headquarters in BrusselsGerak harga emas dilaporkan telah ditutup lebih tinggi dari penutupan harga di sesi perdagangan pasar hari Jumat sebelumnya selama sesi perdagangan pasar hari Senin di hari Selasa dini hari (06/ 07/ 2015). Meski demikian, namun gerak harga emas cenderung bergerak lebih rendah di sepanjang sesi perdaganan pasar belangsung kemarin. Gerak harga emas nampak tertekan oleh kuatnya nilai indeks USD meski emas seharusnya bergerak lebih tinggi karena meningkatnya krisis politik Yunani dan Uni Eropa. Kuatnya nilai indeks USD memang menjadi penghambat utama bagi gerak positif harga emas karena komoditas emas menjadi lebih mahal karena berdenominasikan dengan USD.

Setelah hasil refenredum Yunani pada tanggal 5 Juli lalu menunjukkan adanya penolakan paket bailout untuk Negara tersebut dari ini pertemuan lanjutan dari masing-masing Negara Uni Eropa akan kembali digelar. Pertemuan yang masih bersifat negosiasi masih akan berlangsung hingga memberikan hasil yang baik bagi masing-masing pihak. Dari beberapa pernyataan yang dirilis selama awal pekan menunjukkan bahwa ECB akan merundingkan penolakan pengajuan dana likuiditas bank oleh Yunani sebesar 3 miliar Euro dan menetapkan program ELA tetap tidak berubah. ECB juga mengungkapkan adanya kemungkinan pemotongan hutang Yunani sebesar 45%.

Gerak harga emas spot dilaporkan telah menyelesaikan sesi perdagangan pasar hari Senin di hari Selasa dini hari9 tadi (06/ 07/ 2015), dengan keuntungan sebesar $4.10 US atau 0.35% dengan gerak harga berakhir pada level $1,169.300 US/ troy ons. Gerak harga emas spot sebelumnya sempat diperdagangkan hingga setinggi $1,174.310 US dan serendah $1,170.040 US. Dalam pergerakan harga sepekan lalu, gerak harga emas telah mencatatkan angka kerugian sebesar $8.500 US atau 0.72% dan turun sekitar $25.30 US atau 2.13% selama periode Juni. Dilaporkan pula bahwa gerak harga emas berjangka kontrak Agustus di Divisi Comex New York Mercantile Exchange menyelesaikan sesi perdagangan pasar dengan mencatatkan angka keuntungan sebesar $9.70 US atau 0.81% dengan gerak harga berakhir pada level $1,173.20 US/ ons. Dalam pergerakan harga dalam kurun waktu sepekan lalu, gerak harga emas berjangka telah mencatatkan angka kerugian sebesar $28.80 US atau 2.45%.

Bursa saham Shanghai Composite melemah setelah Perdana Menteri tidak membahas langkah stabilisasi pasar saham China yang telah anjlok 30% sejak bulan Juni. Investor mencemaskan volatilitas pasar saham China walau telah mendapatkan suntikan stimulus masif dari pemerintah dan perusahaan finansial. Langkah agresif Beijing melindungi pasar saham membuat pasar mempertanyakan kondisi negara perekonomian terbesar kedua dunia tersebut.

Media Reuters juga telah memberitakan adanya ketakutan Indeks USD Menguat, Euro Menggeliat Saat Yanis Varofakis Mundurara pelaku pasar pada berita aturan yang lebih ketat dalam perdagangan futures untuk major small cap index. Perusahaan-perusahaan yang terdaftar dalam indeks Shanghai Composite juga dilaporkan akan melakukan trading halt atau pembekuan sementara perdagangan.

Sementara itu, indeks Hang Seng masih mengikuti tren bursa Asia yang rebound seiring harapan baru dalam krisis Yunani. Kemarin bursa Hong Kong pulih dari kejatuhan terbesar dalam 3-tahun merespon hasil referendum Yunani di hari Minggu. Telah dilaporkan bahwa pagi tadi indeks Hang Seng Futures naik tipis 0,15% di level 25328. Pasar kembali mengharapkan kesepakatan antara Yunani dan para krediturnya. Mundurnya Yanis Varofakis sebagai Menteri Keuangan Yunani diharapkan dapat menjadikan negosiasi dengan para kreditur menjadi lebih lancar.

Setelah Yanis Varoufakis meletakan jabatannya sebagai Menteri Keuangan Yunani, optimisme akan tercpaianya kesepakatan antara kedua belah pihak segera muncul. Optimisme tersebut membuat gerak nilai mata uang Euro bergrak rebound. Gerak nilai apresiasi cross mata uang Euro bergerak melemah terhadap major currencies setelah warga Yunani memilih menolak bailout dengan syarat yang diberikan krediturnya dalam referendum pada hari Minggu. Pengunduran Menteri Varoufakis menjadi berita positif bagi Yunani. Para pemimpin zona Eropa dijadawalkan untuk bertemu pada hari Selasa di Brussels untuk merespon hasil referendum Yunani tersebut.

Perdana Mentri Yunani, Alexis Tsipras, akan kembali memulai negosiasi dengan krediturnya, Menteri Reformasi Administratif Yunani, George Katrougalos, mengatakan Varoufakis mengundurkan diri bertujuan untuk membantu PM Tsipras memulai negosiasi baru. Varoufakis sebelumnya dikatakan menjadi penghambat tercapainya kesepakatan kedua belah pihak, sebelumnya posisinya sebagai kepala tim negosiasi juga diganti akibat perbedaan yang semakin tajam antara dirinya dengan kreditur Yunani. Nilai apresiasi mata uang EUR/ USD dilaporkan sempat diperdagangkan di kisaran 1.1079, dengan level terendah harian 1.0977, dan tertinggi 1.1094.

Dalam kurun waktu sepekan ini, para pelaku pasar hendaknya diharapkan untuk terus mengikuti perkembangan krisis hutang Yunani. Dalam sesi perdagangan pasar di kurun waktu sepekan ini, para pelaku pasar akan terfokus pada pertemuan FOMC Minutes Amerika pada Kamis (09/ 07/ 2015) dan Pertemuan Bank On England pada Kamis (09/ 07/ 2015).

About author

You might also like

Forex News 0 Comments

Euro Melemah 2 Hari Berturut-turut Akibat Ekskalasi Krisis di Crimea

Mata uang euro bergerak melemah lagi pada perdagangan di Asia pagi ini (4/3). Mata uang ini tampak bergerak turun untuk dua hari berturut-turut terhadap rival utamanya, dollar AS. Euro berada

Yen Sulit Koreksi, Jepang Dalam Kondisi Sulit

Negara Jepang secara umum tertekan kondisi perekonomiannya saat ini. Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, sedang menghadapi situasi dilematis terkait kebijakan fiskal negara Jepang yang akan diambilnya. Wacana kenaikan pajak konsumsi

Berita

Pasar Telah Cerna Data Rilis, Euro Bergerak Menguat

coach Gerak nilai apresiasi mata uang EUR/ USD dilaporkan tampak langsung bergerak menuju level 1.1473 pada pembukaan perdagangan pasar Asia, di hari Senin, 17/ 07/ 2017, sebelum melemah tipis ke

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image