Kondisi Global Pengaruhi Gerak Emas

10462515_293497884157725_8549784081553402379_nPada sesi perdagangan pasar Asia di hari Jumat (17/ 10/ 2014) ini, harga emas diperdagangkan flat. Hal ini terjadi karena para pelaku pasar fokus menunggu laporan ekonomi global pada hari ini. Pasar emas nampak kehilangan daya tarik oleh para pelaku pasar, setelah aliran safe-haven dan resiko masing-masing berimbang. Buruknya ekonomi zona eropa telah meningkatkan aliran safe-haven pada pasar emas, namun penurunan tajam pada harga minyak mentah dunia telah memberikan bayangan suram bagi banyak pelaku pasarkarena ancaman perlambatan ekonomi global. Dilaporkan bahwa indeks Dow Jones Industrial Average melemah hingga lebih dari 200 poin ke level 16135,44. Walaupun begitu, di Eropa, saham dan obligasi tidak terlalu jatuh menyusul data inflasi yang terendah dalam lima tahun.

Dilaporkan bahwa pada pasar hari Kamis (16/ 10/ 2014)kemarin, USD sempat menguat tajam hingga 85.48, namun hanya mencataktan keuntungan sebesar 12 poin atau 0.14% berakhir pada 84.96. Dolar anjlok dari sesi tertinggi hariannya setelah salah satu member FOMC Bullard mengungkapkan bahwa Fed mungkin akan menunda pengurangan QE tidak pada periode Oktober. “Harusnya harga emas naik, tapi di tengah kekhawatiran akan ekonomi global, orang-orang merasa ragu untuk mengambil posisi apapun,” ujar pialang emas di RJO Futures Bob Haberkom. Pasar emas bertahan diperdagangkan pada kisaran sempit bahkan setelah data klaim pengangguran Amerika dirilis dengan hasil yang sangat baik. Dari laporan data terbaru menunjukkan bahwa jumlah pengajuan klaim baru di Amerika pada minggu lalu menurun pada level terendah sejak 14 tahun. Jumlah klaim turun sebanyak 23K menjadi 264K, data ini dirilis jauh lebih baik dari perkiraan pasar sebelumnya pada 290K. Harga emas untuk pengiriman Desember di Divisi Comex New York Mercantile Exchange dilaporkan telah diperdagangkan 0.01% lebih rendah di level $1.238.80 US/ toy ons, setelah menyentuh level terendah dalam sesi sebesar $1.236.10 US.

Gerak harga emas diperdagangkan stabil lebih rendah, terdukung oleh data inflasi China yang memicu kekhawatiran atas pertumbuhan global sehingga memicu permintaan safe-haven untuk logam mulia, meskipun data Amerika optimis terus membuat komoditas berada di wilayah negatif. Dilaporkan juga bahwa perak untuk pengiriman Desember, telah diperdagangkan 0.10% lebih tinggi di level $17.377/ troy ons, sementara tembaga untuk pengiriman Desember, diperdagangkan flat di level $2.086. Memasuki sesi perdagangan hari ini, para pelaku pasar akan terfokus pada jadwal press conference Janet Yellen, kepala Federal Reserve.

About author

You might also like

Forex News 0 Comments

USD Menguat Di Akhir Pekan Atas Major Currencies, Meski Yen Tak Bergeming

Dilaporkan bahwa, gerak nilai apresiasi mata uang dengan berbasis pada gerak nilai harga komoditas telah mendapakan tekanan yang kuat. Hal tersebut terjadi, setelah dirilisnya laporan inflasi Amerika untuk bulan Januari.

Fundamental 0 Comments

USD Tertekan Fundamental, Major Currencies dan Emas Menggeliat

Pergerakan harga emas berada dalam tren penurunan di perdagangan awal Asia, pada sesi perdagangan pasar hari Jumat (15/5 hari Jumat (15/ 05/ 2015) ini. Perlemahan gerak harga emas terjadi, karena

Fundamental 0 Comments

Kinerja BEI 2016 Dibuka Presiden, Arab Saudi Bersitegang Dengan Iran

Gerak nilai apresiasi Greenback pada perdagangan awal di tahun 2016 ini, pada sesi perdagangan pasar di hari Senin ini, dilaporkan bergerak di dekat level tertinggi dalam dua pekan major currencies.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image