Nikkei Terkoreksi Di Awal Sesi, Minyak Merangkak Naik

EXID_1447386582_af_orgDilaporkan bahwa, gerak nilai apresiasi mata uang Jepang, yaitu mata uang Yen, telah diperdagangkan sedikit lebih lemah pada awal sesi perdagangan pasar Asia di hari Senin. Hal tersebut terjadi, karena akibat dari hasil rilis data PDB yang lemah.

Gerak nilai apresiasi mata uang USD/ JPY dilaporkan telah bergerak di kisaran level 101.30, telah sempat bergerak naik sekitar 0.05%. Level support terdekat dari gerak nilai apresiasi mata uang USD/ JPY diperkirakan di kisaran level 100.85 dan level resisten di kisaran level 101.55.

Pihak berwenang dari pemerintah Jepang melaporkan bahwa pertumbuhan domestik bruto kuartal kedua naik 0.2% pada tingkat tahunan, tidak mencapai estimasi untuk kenaikan 0.7%, dan bergerak datar untuk tingkat kuartalan. Angka tersebut berada di bawah perkiraan untuk pertumbuhan 0.2%, dengan angka dibebani turun oleh lesunya konsumsi swasta dan ekspor.

Pejabat senior Jepang mengatakan setelah rilis data bahwa, ada beberapa tanda-tanda positif di investasi modal. Meski demikian, namun kami perlu untuk memantau perkembangan yang terjadi karena laba perusahaan menjadi datar untuk saat ini karena apresiasi gerak nilai mata uang Yen.

Gerak nilai harga di bursa saham di Tokyo dilaporkan bergerak melemah turun setelah mencapai kenaikan mingguan terbaik dalam sebulan pada sesi perdagangan pasar di hari Senin. Hal tersebut terjadi, setelah mengecewakannya angka pertumbuhan ekonomi Jepang dan data penjualan retail Amerika yang meredam minat terhadap aset beresiko.

Dilaporkan bahwa, gerak nilai harga Indeks saham Nikkei 225 bergerak melemah, turun sebesar 0.19% di kisaran level harga 16892.25. Gerak nilai apresiasi mata uang Yen dilaporkan hanya sedikit berubah di level 101.36 setelah menguat 0.7% pada sesi perdagangan pasar di hari Jumat.

Gerak nilai harga saham produsen kertas dan alat-alat rumah tangga dilaporkan telah memimpin gerak pelemahan nilai harga indeks. Produk domestik bruto Jepang kuartal kedua dilaporkan telah naik sebesar 0.2% pada tingkat tahunan. Angka tersebut tidak mencapai estimasi ekonomi untuk kenaikan 0.7%.

Di Amerika, penjualan para retail tidak berubah di bulan Juli, tidak mencapai estimasi ekonom untuk kenaikan 0.4%. Penjualan retail yang stagnan membantu menahan peluang kenaikan suku bunga Amerika, dengan taruhan bahwa Federal Reserve akan naikan biaya pinjaman pada akhir 2016 masih berada di bawah 50%.

Gerak nilai harga komoditas minyak dilaporkan telah memperpanjang gerak penguatannya di atas $44 US/ barel pada awal sesi perdagangan pasar di hari Senin. Hal tersebut terjadi, setelah membukukan kenaikan mingguan terbesar sejak April.

Gerak nilai harga komoditas minyak dilaporkan sempat bergerak menguat sekitar 0.1% di kisaran level harga $44.65 US/ barel setelah menguat sekitar 6.4% pada pekan lalu. Hal tersebut terjadi, karena Arab Saudi sinyalkan untuk siap berdikusi untuk menstabilkan pasar pada diskusi informal OPEC bulan depan.

Menteri perminyakan Venezuela akan mengunjunhi negara-negara produsen untuk melobi untuk menaikan harga menjelang diskusi OPEC. Para produsen Amerika menambah jumlah aktifitas rig untuk pekan ketujuh, itu adalah pergerakan terpanjang sejak 2014, berdasarkan data dari Baker Hughes Inc. pada hari Jumat.

Gerak nilai harga komoditas minyak telah bergerak rebound lebih dari 10% sejak ditutup di bawah $40 per barel dan merosot ke pasar bear pada awal bulan ini. Menteri energi Arab Saudi, Khalid Al-Falih, mengatakan dalam pernyataannya bahwa pembicaraan dengan anggota OPEC dan produsen lainnya mungkin akan mengasilkan tindakan untuk menstabilkan pasar.

About author

You might also like

Indeks USD Menguat, Euro Menggeliat Saat Yanis Varofakis Mundur

Gerak harga emas dilaporkan telah ditutup lebih tinggi dari penutupan harga di sesi perdagangan pasar hari Jumat sebelumnya selama sesi perdagangan pasar hari Senin di hari Selasa dini hari (06/

Asumsi Pasar USD Akan Terkoreksi Kembali

Mata uang USD kemungkinan akan kembali tertekan terhadap mata uang utama menjelang dirilisnya data kepercayaan konsumen yang diperkirakan akan turun ke level terendah dalam lima bulan terakhir. Sementara data penjualan

Komoditas 0 Comments

FOMC Pertahankan Keputusan, Data PPI Korsel Jeblok Terimbas Minyak

Pada sesi perdagangan pasar hari Jumat (18/ 09/ 2015) ini, dilaporkan bahwa gerak nilai apresiasi mata uang USD telah kembali pulih. Gerak nilai apresiasi mata uang USD telah kembali pulih

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image