Permintaan Asia Dongkrak Minyak Sejenak, Yen Tertekan Greenback

0Gerak nilai apresiasi dari mata uang Jepang, yaitu mata uang Yen, dilaporkan telah bergerak melemah di awal sesi perdagangan pasar Asia di hari Jumat ini. Hal tersebut terjadi, terutama setelah perilisan data harga konsumen Jepang yang menujukkan masih turun untuk bulan kedua.

Gerak nilai apresiasi dari mata uang USD/ JPY dilaporkan bergerak naik sebesar 0.15% menuju ke level 109.93. Gerak nilai apresiasi dari mata uang Yen ini kemungkinan akan menemukan level support terdekat di 109.50 dan level resisten di 110.45.

Dilaporkan bahwa, hasil rilis data harga konsumen di Jepan turun untuk bulan kedua. Hal tersebut terjadi, di tengah kondisi dimana Gubernur Bank of Japan (BoJ), Haruhiko Kuroda, berjuang untuk memacu inflasi dengan pembelian aset dalam jumlah tinggi dan suku bunga negatif.

Hasil rilis data harga konsumen yang tidak termasuk makanan segar turun 0.3% di bulan April dari setahun yang lalu, setelah turun dengan jumlah yang sama di bulan Maret. Sebelumnya para pelaku pasar telah memperkirakan bahwa, hasil rilis data harga konsumen bulan ke dua akan turun sebesar 0.4%.

Dilaporkan bahwa gerak nilai harga indeks saham Jepang tengah mengikuti tren positif pasar regional. Gerak nilai harga indeks saham Nikkei 225 dilaporkan telah bergerak menguat di awal sesi perdagangan pasar Asia di hari Jumat.

Hal tersebut terjadi, setelah adanya laporan yang menyebutkan jika Perdana Menteri Shinzo Abe telah memutuskan untuk menunda kenaikan pajak penjualan. Hasil rilis data harga konsumen Jepang yang terjadi penurunan untuk bulan April, nampaknya akan turut menambah tekanan pada BoJ untuk kembali melonggarkan kebijakan dalam pertemuan di bulan Juni.

Gerak nilai harga indeks saham Nikkei 225 dilaporkan telah terpantau naik sekitar 0,44% menuju ke level harga 16846.32. Gerak nilai harga indeks saham Nikkei 225 berada di jalur menuju kenaikan mingguan ke-4 berturut-turut.

Surat kabar Asahi memberitakan jika, Perdana Menteri Shinzo Abe telah memutuskan untuk menunda kenaikan pajak penjualan. Hal tersebut dilakukan, menyusul perlambatan ekonomi global dan dampak dari gempa Kumamoto bulan lalu. Keputusan penundaan tersebut kemungkinan akan diumumkan pada Rabu pekan depan.

Sentimen para pelaku pasar di bursa saham Jepang juga terdukung oleh pergerakan nilai apresiasi mata uang Yen. Gerak nilai apresiasi mata uang Yen dilaporkan telah bergerak melemah terhadap Greenback. Gerak nilai apresiasi mata uang Yen bergerak melemah sekitar 0,15% dalam sesi perdagangan pasar Asia. Hal tersebut telah mendorong kembali prospek laba perusahaan-perusahaan eksportir.

Gerak nilai harga komoditas minyak mentah dilaporkan telah bergerak lebih rendah di sesi perdagangan pasar Asia pada hari Jumat. Hal tersebut terjadi, menjelang libur panjang akhir pekan Memorial Day di Amerika, di tengah kondisi dimana para pelaku pasar yang juga masih berhati-hati menjelang pertemuan OPEC pada pekan depan.

Gerak nilai harga komoditas minyak mentah WTI untuk kontrak bulan Juli dilaporkan telah bergerak turun. Gerak nilai harga komoditas minyak mentah WTI telah terkoreksi turun sekitar 0.5% di kisaran level $49.25 US/ barel. Gerak nilai harga komoditas minyak mentah kemungkinan akan menemukan level support terdekat di $49.00 dan level resisten di $50.30.

Dalam sesi perdagangan pasar Amerika semalam, dilaporkan bahwa gerak nilai harga komoditas minyak mentah bergerak menguat, melampaui level $50 US? barel untuk pertama kalinya sejak Oktober. Hal tersebut terjadi, sebelum akhirnya turun kembali untuk ditutup sedikit lebih rendah untuk sesi perdagangan pasar tersebut.

Kondisi tersebut terjadi, di tengah keadaan dimana para pelaku pasar tengah menanggapi laporan terganggunya pasokan di Nigeria. Hal lainnya adalah, karena meningkatnya permintaan di wilayah Asia untuk minyak dari Arab Saudi.

Sesi perdagangan pasar Amerika akan ditutup pada hari Senin. Hal tersebut terjadi, untuk libur Memorial Day yang biasanya menjadi awal musim mengemudi yang biasanya memacu permintaan untuk bensin.

About author

You might also like

Forex News 0 Comments

Pasar Respons Positif Emas, Yunani Dalam Kondisi Berbahaya

Pada sesi perdagangan pasar di hari Selasa (30/ 06/ 2015) pagi ini harga emas spot LLG tampak melemah. Gerak harga emas dilaporkan sempat diperdagangkan pada kisaran level harga $ 1.776,90

Komoditas

Trump Tampak Unggul Sementara, Harga Pasar Koreksi

ugg usa cyber mondaynorth face black friday sale for jacketsugg boots black friday dealsugg black fridaynorth face boots black fridaycyber monday deals for lululemonmichael kors black friday salesbeats by dre

Fundamental 0 Comments

Jerman Dongkrak Apesiasi Euro

Mata uang euro ditutup sedikit menguat apresiasinya terhadap USD selama sesi perdagangan kemarin (Selasa, 07/ 05/ 2013). Hal ini terjadi setelah sempat bergerak naik dan mencapai titik resistance pada 1.3115.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image