Pernyataan Yellen Pengaruhi Gerak Emas, Geliat Positif Setelah Pasar China Dibuka Kembali

Pernyataan Yellen Pengaruhi Gerak Emas, Geliat Positif Setelah Pasar China Dibuka Kembali

10629821_712130022194364_1781650397271338874_nHarga emas terpantau naik pada sesi pasar Asia. Hal ini terjadi karena pasar China yang dibuka kembali dari data HSBC flash PMI pada hari Rabu (25/ 02/ 2015) ini, setelah libur imlek pada seminggu ini. Pasar Tiongkok kembali dibuka hari ini setelah liburan tahun baru Imlek minggu lalu, HSBC flash manufaktur PMI terpantau membaik dari bulan Januari. Gerak harga emas berjangka di Comex New York Mercantile Exchange untuk pengiriman April naik 0,15% ke level $1,201.60 US/ troy ons. Pasar di negeri China kembali dibuka hari setelah musim libur tahun baru Imlek yang mulai pada Rabu lalu. Dilaporkan pula bahwa, harga perak berjangka untuk pengiriman Mei berdetak 0,60% perdagangan di $16.345 troy ons. Turut juga dilaporkan bahwa, harga tembaga untuk pengiriman Mei jatuh 0,14% perdagangan di $2.634 US/ pound.

Telah dilaporkan mulai kemarin bahwa, gerak harga emas tergelincir di bawah $ 1.200 US/ ons setelah dipicu berita Eurogroup yang telah menyetujui rencana reformasi Yunani sehingga mendorong selera para pelaku pasar untuk aset yang dipandang berisiko tinggi, seperti saham. Gerak harga emas kemudian beranjak naik setelah terdengar pernyataan Ketua Federal Reserve, Janet Yellen. Harga emas diperdagangkan anjlok pada awal dimulainya jadwal press conference Kepala The Fed, Janet Yellen, mencapai level terendah hariannya pada kisaran harga $1,190.285 US. Kepala The Fed ini mengungkapkan pada pertemuan tersebut bahwa, kenaikan suku bunga yang dilakukan untuk pertama kalinya sejak tahun 2006 akan tetap dilakukan. Namun meski demikian, keputusan akan melihat beberapa pertimbangan inflasi dan tenaga kerja. Beberapa analis melihat bawha kenaikan suku bunga mungkin akan dilakukan pada bulan Juni.

Harga emas terkoreksi pada sesi perdagangan pasar eropa hingga awal pembukaan pasar Amerika, setelah menyimak hasil press conference kepala ECB dan The Fed pada hari yang bersamaan. Mario Draghi mengisyaratkan bahwa QE telah memberikan dampak yang cukup baik bagi ekonomi Eropa dan penyaluran pinjaman ke perbankan meningkat tajam. Harga emas mulai kehilangan aliran safe-haven seketika setelah membaiknya pandangan ECB seputar ekonomi di negara zona eropa. Harga emas bergerak naik meskipun di tengah kekhawatiran pasar atas ekonomi zona eropa tumbuh setelah Syriza yang anti-bailout memenangkan pemilihan sela di Yunani. Logam mulia sekarang kehilangan pamornya karena pasar mencerna prospek Yunani mendapatkan kesepakatan penyelamatan keuangan, yang bisa melembutkan permintaan emas sebagai tempat berlindung dari resiko. “Setidaknya dalam waktu dekat, kesepakatan akan negatif untuk emas,” kata pihak HSBC dalam sebuah catatan. Sejumlah pasar emas utama Asia, terutama China, tetap ditutup untuk istirahat Tahun Baru Imlek, menghapus dukungan kunci untuk emas, kata para dealer.

Gerak mata uang USD menjelang kesaksian Ketua Federal Reserve, Janet Yellen, juga ikut berperan dalam menambah tekanan bagi gerak harga emas. Para pelaku pasar menunggu komentar Yellen yang menjadi petunjuk pertama atas Amerika tentang kenaikan suku bunga dalam hampir satu dekade yang dijadwalkan berlaku tahun ini. Spekulasi Fed siap untuk meningkatkan suku bunga, mengangkat bullion sementara meningkatkan nilai apresiasi mata uang USD, telah turut pula menekan gerak harga emas selama kurun waktu tahun lalu. Ekspektasi dari para pelaku pasar atas akan adanya kenaikan suku bunga telah menyebabkan kekuatan gerak apresiasi mata uang USD, dan telah mengangkatnya ke posisi tertinggi dalam 11-tahun pada bulan Januari.

Gerak harga emas di pasar spot dilaporkan turun sekitar 0,4 % menjadi $ 1.196.45 US/ ons, sedangkan gerak harga emas berjangka untuk pengiriman April dilaporkan turun sekitar $ 4,20 US/ ons menjadi $ 1.196,60 US/ ons. Saham di zona eropa bergerak naik lebih awal pada hari Selasa (24/ 02/ 2015) kemarin, dan saham negara Yunani menguat setelah daftar reformasi yang diusulkan disampaikan oleh Yunani diterima baik oleh Komisi Eropa. Eurogroup juga telah menegaskan bahwa pihaknya telah setuju untuk mengajukan proposal Yunani untuk persetujuan oleh negara-negara anggota. “Ada sedikit keraguan bahwa risiko langsung atas masalah ini telah berkurang dan kita bisa melihat beberapa kelemahan jangka pendek emas sebagai hasilnya,” demikian menurut kata David Jollie, analis Mitsui Precious Metals. Memasuki sesi perdagangan hari ini, volatilitas pasar nampaknya akan mulai membesar memasuki sesi perdagangan pasar Eropa dan para pelaku pasar masih akan terfokus pada beberapa jadwal hari kedua press conference kepala bank Sentral Eropa dan Amerika.

About author

You might also like

Berita 0 Comments

Kondisi Yunani Dipantau Para Pelaku Pasar, Gerak Harga Emas Cenderung Lemah

Pada sesi perdagangan pasar Asia di hari Rabu (22/ 04/ 2015) ini, dilaporkan bahwa gerak harga emas tengah terpantau menurun. Hal ini terjadi karena para pelaku pasar yang mengamati perkembangan

CFD News 0 Comments

Nikkei Terdongkrak Fuji TV, Minyak Cenderung Bertahan

Gerak nilai apresiasi mata uang Jepang, yaitu mata uang Yen dilaporkan telah terkoreksi melemah terhadap Greenback pada awal sesi perdagangan pasar Asia di hari Rabu. Gerak nilai apresiasi mata uang

Fundamental 0 Comments

Data ADP Dukung Gerak Harga Emas Kemarin, Pasar Kembali Fokus Data Rilis Amerika

Gerak harga emas dilaporkan mulai kembali bergerak naik pada perdagangan pasar hari Kamis dini hari. Gerak harga emas dalam dua hari terakhir mengalami tekanan yang cukup dalam. Kenaikan gerak harga

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Reload Image